Friday, April 29, 2005

Fakultas Ekonomi (FEKON) - Kuliah Ekonomi & Studi Pembangunan


Mata Kuliah Ekonomi & Studi Pembangunan

ESPA4110, Pengantar Ekonomi Makro. 3 SKS. Mata kuliah ini bertujuan mengantar mahasiswa kepada pengenalan konsep dasar tentang pembentukan Pendapatan Nasional yaitu: penawaran dan permintaan agregatif dan interaksi antara keduanya. Pembahasan penawaran agregatif meliputi pasar tenaga kerja, fungsi produksi agregatif dan teori pembulatan. Pembahasan permintaan agregatif mencakup teori mengenai pengeluaran konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah dan ekspor serta impor. Dibahas pula teori permintaan akan uang, faktor penentu jumlah uang berbeda dan teori lalu-lintas modal antarnegara.

ESPA4111, Pengantar Ekonomi Mikro. 3 SKS. Mata kuliah ini membahas konsep dasar ilmu ekonomi yang menyangkut aspek mikro yang meliputi, teori konsumen, teori produsen dan struktur pasar dengan menggunakan alat analisis diagram/grafik dan matematika.

ESPA4112, Matematika Ekonomi I. 3 SKS. Mata kuliah ini adalah salah satu alat/bahasa untuk menggambarkan suatu keadaan atau mendekati suatu permasalahan, termasuk masalah ekonomi. Sebagai alat, matematika akan mempengaruhi ketajaman effisiensi dan daya generalisasi analisis ekonomi. Hubungan variabel yang rumit dapat disederhanakan dengan menggunakan simbol-simbol matematika, sehingga sangat besar kegunaannya dalam penjabaran dan pengembangan teori ekonomi.

ESPA4113, Statistika Ekonomi I. 3 SKS. Mata kuliah ini meliputi gambaran tentang metode pengumpulan data, penyusunan data, analisis serta interpretasi, analisisnya dalam nilai-nilai sentral, regresi, deret berkala, angka indeks serta probabilitas. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa dapat mengerti, memahami dan menjelaskan metode pengumpulan data, penyusunan data serta analisis data, di samping itu agar dapat menyajikan data dalam bentuk tabel, grafik dan chart serta dapat menganalisisnya. Prasyarat: ESPA4112 (Matematika Ekonomi I).

ESPA4210, Teori Ekonomi Makro I. 3 SKS. Mata kuliah ini membahas analisis keseimbangan dan penentuan output nasional dengan menggunakan kerangka IS-LM, teori konsumsi, investasi, teori permintaan dan penawaran uang, teori permintaan dan penawaran agregat, inflasi, output dan kesempatan kerja serta teori pertumbuhan. Prasyarat: ESPA4110 (Pengantar Ekonomi Makro).

ESPA4211, Teori Ekonomi Mikro I. 3 SKS. Mata kuliah ini membahas kelanjutan dari Pengantar Ekonomi Mikro mengenai teori permintaan dan penawaran, teori perilaku konsumen, perilaku produsen, struktur pasar dan pasar input. Prasyarat: ESPA4111 (Pengantar Ekonomi Mikro).

ESPA4212, Matematika Ekonomi II. 3 SKS. Mata kuliah ini mencakup pengetahuan dasar tentang diferensial, integral, matriks serta penerapannya dalam ilmu ekonomi. Tujuan utama kuliah adalah memberikan pengetahuan tentang pemecahan masalah ekonomi dengan alat analisis kalkulus dan aljabar linier. Prasyarat: ESPA4112 (Matematika Ekonomi I).

ESPA4213, Ekonomi Pembangunan I. 3 SKS. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengertian dan menghayati masalah pembangunan ekonomi di negara berkembang. Pembahasan mencakup: definisi, pengertian dan teori pembangunan, sejarah, proses dan strategi pembangunan, peranan kebijakan fiskal, moneter dan perdagangan luar negeri dalam pembangunan ekonomi, serta kaitan antara pembangunan di negara berkembang dengan perkembangan ekonomi di negara maju. Prasyarat: ESPA4110 (Pengantar Ekonomi Makro)

ESPA4214, Statistika Ekonomi II. 3 SKS. Mata kuliah ini membahas berbagai macam konsep (teori) maupun metode statistik, yang selanjutnya dapat digunakan untuk melakukan interpretasi terhadap berbagai macam data penelitian dan sekaligus pula mengetahui alat-alat analisis apa saja yang dibutuhkan sesuai dengan masalah yang dihadapi. Tujuan mata kuliah ini adalah memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang: a) masalah probabilitas sebagai alat pengambil keputusan. b) alat-alat statistik yang dibutuhkan untuk melakukan pengkajian terhadap masalah yang dihadapi. c) dasar berpikir selanjutnya dalam mencari terobosan baru (policy) guna memecahkan masalah yang dihadapi. Prasyarat: ESPA4113 (Statistik Ekonomi I).

ESPA4215, Perencanaan Pembangunan I. 3 SKS. Dalam mata kuliah ini diperkenalkan berbagai aspek perencanaan ekonomi. Pembahasan meliputi: pengertian, ruang lingkup, fungsi dan tujuan, jenis dan metode perencanaan. Di samping itu akan dibahas pula pengenalan beberapa model perencanaan ekonomi dan aspek kelembagaannya.

ESPA4216, Ekonomi Internasional I. 3 SKS. Mata kuliah ini membahas konsep dasar mengenai berbagai teori ekonomi internasional. Teori perdagangan internasional untuk menjawab faktor-faktor yang menentukan pola perdagangan internasional, manfaat perdagangan dan dampak perdagangan terhadap alokasi sumberdaya dan distribusi pendapatan. Kebijakan perdagangan membahas instrumen tarif dan kuota serta teori hubungan-hubungan antarnegara. Prasyarat: ESPA4110 (Pengantar Ekonomi Makro); ESPA4211 (Teori Ekonomi Mikro I).

ESPA4217, Ekonomi Moneter I. 3 SKS. Mata kuliah ini merupakan suatu pengantar pengetahuan ilmu ekonomi moneter, bertujuan memperkenalkan dan memberi pengetahuan dasar tentang perilaku satuan-satuan ekonomi yang bergerak dalam sektor moneter; penabung, investor, bank sentral, bank komersial dan lain-lain, serta mekanisme hubungan di antara satuan-satuan tersebut, perubahan-perubahan variabel yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh perilaku satuan ekonomi tersebut dalam kaitannya dengan perekonomian secara keseluruhan. Di samping itu juga diberikan pengetahuan dasar tentang pasar modal, yaitu mengenai pemahaman terhadap peranan dan fungsinya seperti lembaga dan instansi terkait, para pelaku pasar modal, instrumen pasar modal. Diharapkan setelah mengikuti mata kuliah ini sedikit banyak akan memiliki kemampuan untuk membuat analisis atas kejadian-kejadian moneter dan pasar modal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Prasyarat: ESPA4210 (Teori Ekonomi Makro I)

ESPA4218, Ekonomi Publik I. 3 SKS. Mata kuliah ini memberi gambaran fungsi dan peranan pemerintah agar masyarakat dalam mencapai tujuan-tujuannya dan atau melaksanakan kegiatan-kegiatan ekonominya dilakukan secara efektif dan efisien. Mata kuliah ini menjelaskan pengaruh setiap kegiatan ekonomi pemerintah dalam kehidupan ekonomi masyarakat secara keseluruhan termasuk cara-cara membayar segala kegiatan tersebut serta efeknya dalam kehidupan ekonomi masyarakatnya. Prasyarat: ESPA4210 (Teori Ekonomi Makro I); ESPA4211 (Teori Ekonomi Mikro I).

ESPA4310, Teori Ekonomi Makro II. 3 SKS. Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari Teori Ekonomi Makro I. Pembahasan ditekankan pada teori modern dan rational expectation, meliputi teori penentuan output dan harga (permintaan dan penawaran agregat), inflasi dan pengangguran, ketidak stabilan ekonomi, perdebatan antara monetaris dan non monetaris serta pengontrolan permintaan agregat. Mata kuliah ini akan mengandalkan analisis matematik, sehingga pengetahuan tentang kalkulus, integral kalkulus, differential kalkulus dan analisis matrik sangat diperlukan. Prasyarat: ESPA4211 (Teori Ekonomi Mikro I).

ESPA4311, Teori Ekonomi Mikro II. 3 SKS. Mata kuliah ini merupakan pedalaman dan perluasan dari Teori Ekonomi Mikro I. Pembahasan terutama ditekankan terhadap analisis permintaan input, analisis keseimbangan umum dan alokasi sumberdaya serta ekonomi kesejahteraan. Prasyarat: ESPA4211 (Teori Ekonomi Mikro I)

ESPA4312, Ekonometrika. 3 SKS. Mata kuliah ini dikhususkan untuk pengukuran data-data ekonomi. Oleh karena itu merupakan alat bagi disiplin ilmu ekonomi untuk dapat secara empiris melakukan pengujian bagi berbagai dalil, teori, hipotesis tentang hubungan antara variabel-variabel ekonomi. Sehingga ekonometrika mewakili pendekatan induktif dalam ilmu ekonomi yang merupakan komplemen dari pendekatan dedukatif yang umumnya dilakukan dengan matematika ekonomi dalam pengembangan ekonomi. Prasyarat: ESPA4311 (Teori Ekonomi Mikro II); ESPA4310 (Teori Ekonomi Makro II); ESPA4214 (Statistika Ekonomi II); ESPA4112 (Matematika Ekonomi I).

ESPA4313, Ekonomi Koperasi. 3 SKS. Prasyarat Mata kuliah ini semua ada di dalam Pancasila. Pembahasan mencakup antara lain; kerjasama, tolong menolong, demokrasi, sukarela dan ingin makmur. Koperasi merupakan cabang ilmu ekonomi, oleh karena itu prinsip ekonomi juga menjadi prinsip dasar bekerjanya koperasi. Prasyarat: ESPA4110 (Pengantar Ekonomi Makro); ESPA4111 (Pengantar Ekonomi Mikro); EKMA 4111 (Pengantar Bisnis).

ESPA4314, Perekonomian Indonesia. 3 SKS. Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa pada pengetahuan tentang tahap dan permasalahan pembangunan ekonomi Indonesia. Pembahasan dimulai dengan mengetengahkan berbagai proses yang menyertai pembangunan ekonomi seperti: proses akumulasi, alokasi, dan distribusi. Kemudian pembahasan dilanjutkan dengan masalah strategi, peranan serta kebijakan dalam dan luar negeri pemerintah melalui analisis mendalam tentang APBN, neraca pembayaran, neraca pendapatan nasional, sumberdaya manusia dan distribusi pendapatan nasional dan regional. Prasyarat: ESPA4414 (Ekonomi Pembangunan II).

ESPA4315, Metode Penelitian. 3 SKS. Mata kuliah ini memberikan pengertian dasar tentang asas metodologi penelitian (riset) ilmiah, proses penelitian ilmiah, dan pekerjaan teknis penelitian. Pekerjaan teknis penelitian mencakup penyusunan pernyataan proyek penelitian, penyusunan daftar pertanyaan, pemilihan sample, pengumpulan data, pengolahan dan analisis data, serta penulisan laporan. Prasyarat: ESPA4214 (Statistika Ekonomi II).

ESPA4316, Sejarah Pemikiran Ekonomi. 3 SKS. Mata kuliah ini menerangkan proses evolusi dari berbagai pemikiran di bidang ekonomi, terutama mengenai sifat, potensi, dan keterbatasan dari sebuah sistem perekonomian. Diharapkan dengan Mata kuliah ini dapat dipahami: (1) bahwa pemikiran ekonomi yang kita temui dewasa ini merupakan hasil usaha dari berbagai pemikiran masa lalu, (2) di dalam konteks sejarah pemikiran perkembangan tersebut mahasiswa tidak apriori bahwa pemikiran baru (modern) dinilai lebih unggul dari pemikiran lama, (3) perkembangan nyata kehidupan perekonomian di masa datang memerlukan dibentuknya pemikiran-pemikiran baru yang lebih sesuai dengan situasi waktu, (4) tidak semua pemikiran ekonomi mempunyai pengaruh penting terhadap jalannya perekonomian.

ESPA4410, Ekonomi Internasional II. 3 SKS. Mata kuliah ini merupakan pendalaman dari Ekonomi Internasional I yang mencakup teori perdagangan internasional yang lebih realistik, yakni dengan melepaskan asumsi-asumsi dasar yang melekat pada teori-teori perdagangan internasional klasik dan modern. Selain itu juga kebijakan perdagangan dengan penekanan pada struktur pasar tak sempurna dan adanya gejala economies of scale. Prasyarat: ESPA4216 (Ekonomi Internasional I).

ESPA4411, Ekonomi Moneter II. 3 SKS. Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari Teori Ekonomi Moneter I. Pembahasan ditekankan pada penggunaan model dasar IS-LM dan AD-AS untuk menganalisis peran sektor moneter dalam perekonomian, seperti untuk mengatasi masalah inflasi dan unemployment, pembentukan ekspektasi rasional, serta model real business cycle. Metode analisis yang digunakanpun bukan lagi hanya sekedar grafis, tetapi juga menggunakan peralatan analisis matematik dan statistik. Dengan demikian diharapkan akan dapat memahami perkembangan teori dan model-model ekonomi moneter dan kemudian menerapkannya ke dalam perekonomian Indonesia. Prasyarat: ESPA4217 (Ekonomi Moneter I); ESPA4112 (Matematika Ekonomi I).

ESPA4412, Ekonomi Publik II. 3 SKS. Mata kuliah ini mencakup uraian tentang kebijaksanan harga barang-barang publik oleh pemerintah, pengaruh pajak terhadap perekonomian, pinjaman luar negeri dan pembangunan ekonomi, dan distribusi pendapatan. Prasyarat: ESPA4218 (Ekonomi Publik I).

ESPA4413, Perencanaan Pembangunan II. 3 SKS. Dalam mata kuliah ini dibahas secara khusus beberapa teknik perencanaan, seperti model I-O dan IRIO, pendekatan Growth dan Size Elasticity dan pola normal, teknik optimisasi, teknik penentuan prioritas, serta model ekonometri. Prasyarat: ESPA4215 (Perencanaan Pembangunan I).

ESPA4414, Ekonomi Pembangunan II. 3 SKS. Mata kuliah ini merupakan kelanjutan Mata kuliah ekonomi pembangunan I. Pembahasan bersifat analisis empiris dan meliputi: perbedaan dan pengertian antara pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, proses pembangunan ekonomi di negara maju dan berkembang, berbagai teori dan model pertumbuhan, distribusi pendapatan dan pengangguran, kaitan antara perdagangan internasional dan pembangunan internasional. Prasyarat: ESPA4213 (Ekonomi Pembangunan I).

ESPA4415, Ekonomi Pertanian. 3 SKS. Mata kuliah ini mencakup peranan sektor pertanian dalam perekonomian, yang secara spesifik membahas permasalahan faktor produksi, permintaan dan penawaran hasil-hasil pertanian, koperasi serta kebijaksanaan pembangunan pertanian. Sehingga menjadi lebih tanggap terhadap masalah dalam pembangunan pertanian dan mampu memberikan sumbang saran pemikiran.

ESPA4317, Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan. 3 SKS. Mata kuliah ini membicarakan tentang peranan sumberdaya alam dan lingkungan di dalam pembangunan ekonomi. Pengelolaan sumberdaya alam haruslah bertanggung jawab agar supaya pembangunan ekonomi berkesinambungan demi kesejahteraan manusia dan sekaligus melestarikan sumberdaya alam. Juga dibahas hal-hal yang berkaitan dengan Analisis Dampak Lingkungan di Indonesia. Prasyarat: ESPA4212 (Matematika Ekonomi II); ESPA4211 (Teori Ekonomi Mikro I).

ESPA4318, Sistem Ekonomi. 2 SKS. Mata kuliah ini membandingkan dua bentuk sistem perekonomian yang ekstrim yaitu kapitalis dengan sosialisme. Pembahasan meliputi sifat-sifat dan lembaga-lembaga ekonominya, baik dari aspek kebaikan maupun kelemahan yang didasarkan pada performance criteria. Dalam sistem ekonomi ini dibahas indentifikasi ciri-ciri khusus beberapa bentuk sistem perekonomian dewasa ini, seperti sistem kapitalisme. Kemudian diajarkan analisis ekonomi sistem pasar, sistem perencanaan dan beberapa bentuk sistem campur tangan pemerintah. Prasyarat: ESPA4210 (Teori Ekonomi Makro I).

ESPA4319, Ekonomi Sumberdaya Manusia. 3 SKS. Dalam mata kuliah ini dibahas peranan manusia/penduduk sebagai faktor produksi, yaitu sebagai produksi, sebagai tenaga kerja dalam proses pembangunan. Pertama dibahas mengenai variabel-variabel kependudukan yang terkait dengan tenaga kerja. Dalam pasar tenaga kerja dibahas struktur permintaan dan penawaran tenaga kerja, faktor-faktor yang mempengaruhi dan konsekuensi dari struktur dan produktivitas tenaga kerja. Prasyarat: ESPA4111 (Pengantar Ekonomi Mikro); ESPA4110 (Pengantar Ekonomi Makro).

ESPA4510, Evaluasi Proyek. 3 SKS. Mata kuliah ini menekankan pada analisis sosial ekonomi untuk perhitungan biaya-manfaat, serta eksternalitas. Juga pengertian dan perhitungan tentang harga bayangan (shadow price).

ESPA4511, Perekonomian Regional. 3 SKS. Mata kuliah ini mencakup teori tentang masalah ekonomi kewilayahan, yang di dalamnya memuat orientasi pengembangan daerah dalam arti yang luas dan esensinya dalam pembangunan.

ESPA4512, Sejarah Perekonomian. 3 SKS. Mata kuliah ini membahas tentang teori sejarah perekonomian, metode pengolahannya dan histografi perekonomian Indonesia.

ESPA4513, Ekonomi Industri. 3 SKS. Mata kuliah ini adalah salah satu penerapan ekonomi mikro. Dalam Mata kuliah ini dibahas permasalahan struktur, perilaku dan kinerja industri, pengaruh struktur pada penerapan harga dan kesejahteraan masyarakat, dan usaha-usaha yang mempengaruhi kinerja industri oleh pemerintah. Selain itu juga mengidentifikasi bentuk-bentuk pasar, menganalisis pengaruh pasar yang bisa dikategorikan sempurna dan tidak sempurna, serta memberikan alternatif pemikiran bagi solusi atas ketidaksempurnaan pasar, sesuai dengan tujuan yang dikehendaki. Prasyarat: ESPA4211 (Teori Ekonomi Mikro I); ESPA4213 (Ekonomi Pembangunan I).

ESPA4515, Ekonomi Integrasi. 3 SKS. Mata kuliah ini membahas konsep kerjasama di bidang ekonomi antarnegara dalam rangka globalisasi. Kerjasama difokuskan pada perdagangan internasional, sehingga perlu dibahas konsep kebijakan tarif dan non tarif, neraca pembayaran internasional serta bantuan dan utang luar negeri. Prasyarat: ESPA4216 (Ekonomi Internasional I).

ESPA4517, Analisis Neraca Nasional dan Regional. 3 SKS. Mata kuliah ini membahas perhitungan neraca nasional dan neraca regional untuk mengetahui kemampuan suatu negara dan wilayahnya dalam melaksanakan pembangunan sehingga dapat diketahui pertumbuhan dan perkembangan negara tersebut.

ESPA4519, Ekonomi Produksi. 3 SKS. Mata kuliah ini membahas masalah produksi di bidang pertanian, yang mencakup hubungan faktor produksi dengan output, konsep teknik dan efisiensi, fungsi-fungsi biaya, peranan waktu dalam proses produksi, risiko dan ketidakpastian serta penggunaan program matematika dalam analisis ekonomi produksi. Prasyarat: ESPA4112 (Matematika Ekonomi I); ESPA4211 (Teori Ekonomi Mikro I).

ESPA4520, Koperasi Produksi. 2 SKS. Mata kuliah ini membahas tentang pengertian, macam, struktur dan azas, sendi dasar serta ruang lingkup koperasi produksi. Selain itu membahas pula teori produksi, perencanaan dan pengendalian produksi dari koperasi yang disertai dengan biaya dan teori manajemen pemasaran. Prasyarat: ESPA4519 (Ekonomi Produksi); ESPA4313 (Ekonomi Koperasi).

ESPA4522, Agribisnis. 3 SKS. Mata kuliah ini membahas berbagai masalah-masalah bisnis dalam bidang pertanian. Prasyarat: EKMA 4111 (Pengantar Bisnis); ESPA4415 (Ekonomi Pertanian).

0 Comments:

Post a Comment

<< Home