Friday, April 29, 2005

Fakultas Ekonomi (FEKON) - Kuliah Manajemen

Mata Kuliah Manajemen

EKMA4111, Pengantar Bisnis. 3 SKS. Pengantar Bisnis merupakan matakuliah awal yang merangkum semua unsur praktis dalam kegiatan perusahaan. Pada dasarnya kegiatan perusahaan terdiri dari empat fungsi utama yaitu sumber daya manusia, pemasaran, operasi dan keuangan. Pembahasan lebih lanjut berurutan sebagai beriku: Pengertian bisnis dan ruang lingkupnya, lingkungan bisnis, manajemen dan organisasi bisnis, pengelolaan sumberdaya manusia, manajemen pemasaran, perencanaan, pengawasan dan pengendalian operasi, peran akuntansi dalam bisnis, serta sumber dan penggunaan dana. Selanjutnya dibicarakan pula tentang bisnis global.

EKMA4112, Pengantar Akuntansi I. 3 SKS. Mata kuliah Pengantar Akuntansi I mencakup teknik pencatatan transaksi keuangan suatu unit usaha/perusahaan, proses akuntansi yaitu mulai dari proses pencatatan (jurnal), pembukuan (posting), dan penyusunan laporan keuangan, khususnya untuk perusahaan jasa dan dagang. Mata kuliah ini terdiri atas akuntansi dan lingkungannya, persamaan akuntansi, laporan keuangan, sistem pencatatan penyesuaian dan penutup, neraca lajur perusahaan dagang dan jurnal khusus, akuntansi utang-piutang serta akuntansi persediaan.

EKMA4113, Pengantar Manajemen. 3 SKS. Mata kuliah ini membicarakan topik-topik yang bertalian dengan upaya manajemen suatu badan usaha dalam merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasi dan mengawasi kegiatan operasional badan usaha tersebut. Agar tujuan-tujuan tercapai dengan efektif dan efisien. Dikemukakan pula tentang sejarah manajemen itu sendiri, serta konsep manajemen masa depan dengan berbagai persyaratan yang diperlukan seperti sistem informasi, sistem pemantauan dan penilaian manajemen. Selanjutnya dibicarakan pula tentang etika bisnis dan tanggung jawab sosial bisnis.

EKMA4114, Pengantar Akuntansi II. 3 SKS. Mata kuliah ini merupakan kelanjutan Mata kuliah Pengantar Akuntansi I. Mata kuliah ini mencakup topik-topik akuntansi untuk kas dan bank, penggajian, investasi jangka pendek, utang jangka panjang, aktiva tetap, akuntansi untuk persekutuan, perseroan, investasi jangka panjang akuntansi untuk usaha manufaktur dan akuntansi untuk departemen dan cabang. Prasyarat: EKMA4112.

EKMA4115 Pengantar Akuntansi, 3 SKS. Mata kuliah Pengantar Akuntansi mencakup prinsip-prinsip dan praktik-praktik akuntansi, proses akuntansi, siklus akuntansi yaitu mulai dari proses pencatatan (jurnal), pembukuan (posting), neraca lajur, serta penyusunan laporan keuangan pada unit usaha/perusahaan. Matakuliah ini terdiri dari akuntansi perusahaan dagang , persekutuan, perseroan, investasi jangka panjang, hutang jangka panjang, sistem akuntansi biaya, pesanan serta pengendalian internnya

EKMA4210, Akuntansi Keuangan Menengah I. 3 SKS. Mata kuliah ini membahas tentang topik-topik prinsip pencatatan dan pelaporan transaksi-transaksi keuangan yang berkaitan dengan aktiva, utang, modal, biaya dan pendapatan. Prasyarat: EKMA 4112.
EKMA4212, Pengantar Aplikasi Komputer. 2 SKS. Mata kuliah ini membahas tentang perangkat keras, perangkat lunak, sistem informasi, aplikasi di bidang bisnis dan masa depan komputer serta teknologi informasi.

EKMA4213, Manajemen Keuangan. 3 SKS. Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa untuk mengerti fungsi utama seseorang manajer keuangan dan keputusan penting yang harus diambilnya. Mahasiswa diharapkan menguasai konsep manajemen keuangan dan teknik yang diperlukan untuk mengimplementasikan konsep tersebut dalam dunia nyata. Mata kuliah ini akan membahas mengenai keputusan investasi, keputusan pendanaan, kebijakan deviden, sumber pendanaan, merger dan reorganisasi dan sedikit tentang keuangan multinasional. Prasyarat: EKMA 4111, EKMA 4112.

EKMA4214, Manajemen Sumber Daya Manusia. 3 SKS. Mata kuliah ini mengenalkan segi manusia dalam organisasi dan manajemen atau pengelolaan tenaga kerja manusia juga dikenalkan berbagai perangkat manajemen tenaga kerja manusia, agar dapat diperoleh manfaat yang optimal dari tenaga kerja ini, sehingga tujuan organisasi dapat dicapai dengan cara yang efisien. Prasyarat: EKMA 4111.

EKMA 4215, Manajemen Operasi, 3 SKS. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar mengenai konsep-konsep dan model-model dalam manajemen operasi dan aspek-aspek lainnya yang berhubungan dengan sistem produksi sebuah perusahaan. Pembahasan dimulai dari penilaian singkat konsep produksi sebelum beralih ke pokok bahasan yang lebih teknis. Prasyarat: EKMA 4111.

EKMA4216, Manajemen Pemasaran. 3 SKS. Manajemen Pemasaran membahas berbagai konsep dasar dalam pemasaran, peran pemasaran dalam organisasi serta proses manajemen pemasaran dan strategi pemasaran. Selanjutnya dibahas tentang analisis peluang pemasaran yang meliputi segmentasi pasar, penentuan sasaran pasar dan pemrosesan pasar. Pembahas berikutnya yaitu tentang perencanaan dan penetapan program pemasaran yang meliputi pengelolaan produk dan pengembangan produk baru, daur hidup produk.Strategi penetapan harga, strategi distribusi serta strategi promosi dan periklanan.

EKMA4231, Manajemen Lanjutan. 3 SKS. Mata kuliah Manajemen Lanjutan membahas tentang perilaku organisasi, persepsi secara kognitif dan kepribadian, motivasi dan belajar, dinamika perilaku organisasi, proses manajemen dan teori organisasi serta penerapan manajemen sumber daya manusia dengan mengembangkan organisasi dan personalnya. Prasyarat: EKMA 4113.

EKMA4310, Hukum Komersial. 2 SKS. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami pokok-pokok pengertian hukum-hukum yang mengatur hubungan antara orang yang satu dengan yang lain pada umumnya maupun di dalam lapangan perniagaan.

EKMA4311, Studi Kelayakan Bisnis. 3 SKS. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang teknik-teknik serta faktor-faktor yang perlu diperhatikan dan dikuasai dalam menilai keberhasilan suatu proyek. Teknik-teknik dan faktor-faktor tersebut berkenaan dengan aspek-aspek pasar dan pemasaran, finansial, manajemen, yuridis, serta manfaat proyek, oleh karenanya semua faktor harus dipertimbangkan dalam suatu analisis terpadu.

EKMA4312, Ekonomi Manajerial. 3 SKS. Mata kuliah ini membahas tentang penerapan analisis ekonomi dalam pengambilan keputusan manajer. Tema utama mata kuliah ini adalah mengenai aplikasi ilmu ekonomi, khususnya ekonomi mikro yang digunakan dalam mengidentifikasi masalah-masalah dan peluang-peluang; menganalisis alternatif-alternatif, serta memilih alternatif yang optimal dan penting bagi manajer di dalam mengelola perusahaan. Prasyarat: ESPA4111.

EKMA 4313, Akuntansi Keuangan Menengah II. 3 SKS. Mata kuliah ini membahas tentang prosedur akuntansi, dasar penilaian dan ketentuan pengujian dari aktiva tetap, aktiva tak berwujud tentang jangka panjang dan modal di dalam laporan keuangan dalam kerangka hubungannya dengan prinsip-prinsip akuntansi yang lazim. Prasyarat: EKMA4210.

EKMA4314, Akuntansi Manajemen. 3 SKS. Mata kuliah ini membahas informasi-informasi akuntansi dalam membantu manajemen untuk perencanaan, pengawasan dan pengambilan keputusan finansial. Prasyarat: EKMA 4315.

EKMA4315, Akuntansi Biaya. 3 SKS. Mata kuliah ini membahas proses pencatatan, penggolongan peringkasan dan penyajian informasi biaya, untuk menentukan harga pokok produksi. Prasyarat: EKMA 4112.

EKMA4333, Organisasi Perusahaan. 3 SKS. Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa tentang organisasi dengan segala permasalahannya sehingga mereka dapat menyusun organisasi dan menyelesaikan masalah-masalah organisasi. Prasyarat: EKMA 4113.

EKMA4411, Perilaku Keorganisasian. 3 SKS. Mata kuliah ini membahas aspek-aspek pengelolaan aset perusahaan paling penting dan sulit: Mata kuliah Perilaku Keorganisasian (Organizational Behavior) bertujuan untuk memberikan pemahaman pengetahuan tentang perilaku dan sifat-sifat individu, kelompok, dan organisasi. Lebih lanjut mata kuliah ini membahas tentang aplikasi pengetahuan tentang perilaku manusia dalam kehidupan keorganisasionan secara efektif dan efisien dalam praktek pengelolaan sumber daya manusia serta peningkatan kinerja (Performance) dan produktivitas, baik pada tingkat individu, kelompok, maupun organisasi. Prasyarat: EKMA 4111.

EKMA4412, Penganggaran. 3 SKS. Mata kuliah ini membicarakan tentang proses penyusunan anggaran perusahaan. Topik-topik yang dibahas antara lain adalah penyusunan anggaran penjualan, penyusunan anggaran tentang biaya-biaya produksi, penyusunan anggaran biaya komersial, penyusunan anggaran persediaan, penyusunan anggaran perubahan aktiva tetap, penyusunan anggaran kas dan penyusunan laporan anggaran.

EKMA4413, Riset Operasi. 3 SKS. Mata kuliah ini membicarakan beberapa metode kuantitatif yang berguna bagi pimpinan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan atau pemecahan masalah-masalah yang dihadapinya. Lebih lanjut mata kuliah ini membahas mengenai Perencanaan Penugasan; Pengawasan Persediaan, Linear Programming, Metode Transportasi, Analisis Jaringan Kerja, Model Antrian, Teori Keputusan, serta Game Theory. Prasyarat: ESPA4112.

EKMA4414, Manajemen Stratejik. 3 SKS. Memberikan arahan untuk membuat atau memformulasikan strategi bisnis, pemecahan masalah dalam implementasi, memfokuskan pada pemecahan masalah-masalah strategik generik, dan berbagai isu yang berkaitan dalam perencanaan strategi, termasuk strategi yang akan datang berkaitan dengan kompetensi. Materi yang dibahas pada modul ini dimulai dari formulasi strategi yang terdiri dari penyusunan visi, misi tujuan dari para penyusunan strategi, penganalisaan lingkungan eksternal dan internal serta lingkungan persaingan, sebagai dasar penyusunan strategi pada tingkat korporasi, tingkat bisnis dan tingkat fungsi. Implementasi strategi yang berisi tentang penyesuaian struktur organisasi, kepemimpinan dan budaya organisasi. Evaluasi strategi yang berisi tentang proses pengendalian strategi dan kinerja organisasi. Pada bagian akhir akan membahas manajemen strategi pada lingkungan pasar global.

EKMA4434, Sistem Informasi Manajemen. 3 SKS. Mata kuliah ini membahas sistem informasi, fondasi dan permasalahan sistem informasi, serta sistem informasi untuk bisnis. Prasyarat: EKMA 4113, EKMA 4212.

EKMA4437, Peramalan Usaha. 3 SKS. Mata kuliah ini membahas tentang peranan peramalan dalam badan usaha, teknik-teknik, metode urutan waktu, metode regresi, metode pemantapan serta kebutuhan data komputer dan penilaian kuantitatif yang tepat, metode dengan teknologi kualitatif, metode kuantitatif atau intensif, penerapan metode pada berbagai sektor perekonomian dan metode untuk bisnis. Prasyarat: ESPA4214.

EKMA4442, Manajemen Koperasi. 3 SKS. Mata kuliah ini membahas tentang pengertian koperasi, lingkungan koperasi Indonesia, tim manajemen koperasi, dasar-dasar manajemen yang dilanjutkan dengan fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi pengarahan dan fungsi pengawasan yang disesuaikan dengan kondisi koperasi, termasuk administrasi dan keuangan koperasi.

EKMA4533, Organisasi dan Struktur Perusahaan. 3 SKS. Mata kuliah ini membahas tentang struktur organisasi suatu perusahaan, kegiatan organisasi, perkembangan organisasi; kebutuhan untuk memenuhi permintaan maupun penetrasi pasar domestik dan luar negeri; peran manajemen menengah dalam penentuan kebijakan dalam organisasi; peran manajemen puncak; kesuksesan suatu organisasi; pemilihan strategi untuk dapat mengimplementasikan secara tepat pencapaian tujuan

EKMA4534, Manajemen Proyek. 3 SKS. Mencakup topik-topik: Pengertian manjemen proyek, evaluasi teknis, yuridis dan evaluasi sesuai suatu proyek, evaluasi ekonomis suatu proyek, analisis pulang pokok suatu proyek, perencanaan dana dan sumber daya suatu proyek, organisasi proyek, serta pelaksanaan dan pengawasan suatu proyek. Sehingga mahasiswa mampu untuk memahami, menjelaskan, dan melaksanakan manajemen dari suatu proyek.

EKMA4565, Manajemen Perubahan. 2 SKS. Mata kuliah ini membahas mengenai proses pengembangan organisasi, teori dan model-model perubahan organisasi, diagnosis organisasi, pengumpulan data dan analisis diagnosis organisasi, penerapan dan proses perubahan, serta diakhiri dengan evaluasi dalam pelaksanaan pengembangan organisasi.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home