Friday, April 29, 2005

Fakultas Administrasi Niaga

Mata Kuliah Administrasi Niaga

ADBI4130, Pengantar Ilmu Administrasi Niaga, 3 SKS. Menggambarkan ruang lingkup dan isi administrasi niaga, meliputi: manusia, masyarakat dan administrasi sebagai suatu interaksi sosial, pengertian sistem sebagai falsafah dasar bagi administrasi, tata usaha dan informatika, organisasi sebagai corak hidup manusia modern, manajemen dalam perspektif pertumbuhannya, pembuatan keputusan manajerial, perencanaan manajemen, pengawasan manajerial serta beberapa segi pelengkap administrasi.

ADBI4210, Matematika Bisnis, 3 SKS. Mencakup konsep himpunan, grafik, persamaan dan pertidaksamaan matrik, dan determinan, program linear dan konsep-konsep matematika yang akan berguna dalam bidang bisnis.

ADBI4235, Kepabeanan dan Cukai, 2 SKS. Mencakup topik-topik: tugas pokok/susunan organisasi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, serta daerah pabean Indonesia, undang-undang tarif Indonesia, pencegahan klasifikasi penyelundupan, ordonansi bea, pembahasan bea masuk, pelanggaran.

ADBI4330, Administrasi Perpajakan, 3 SKS. Membicarakan topik-topik peranan pajak bagi negara dan masyarakat, macam pajak, proses pemungutan, dasar hukum serta kebijaksanaan pemerintah di bidang perpajakan.

ADBI4331, Uang dan Perbankan, 3 SKS. Materi yang disajikan terdiri atas persoalan yang berkaitan dengan persoalan uang dan perbankan. Dalam pokok bahasan mengenai uang, dibicarakan berbagai hal yang dapat disajikan pengetahuan dasar sebelum memasuki persoalan yang berkaitan dengan bank sebagai lembaga keuangan, baik kedudukan bank sebagai suatu lembaga bisnis maupun dalam kedudukannya sebagai organ masyarakat yang bertanggung jawab atas negara.

ADBI4332, Akuntansi Dasar, 3 SKS. Mata kuliah ini mencakup topik-topik: sistem akunting, asas-asas akunting dan persekutuan, perseroan-perseroan dengan segala sistem pembukuannya, akunting pengendalian untuk industri, analisis laporan keuangan, akunting pengendalian untuk cabang-cabang dalam perusahaan. Prasyarat: ADBI4230.

ADBI4333, Manajemen Keuangan Bisnis, 3 SKS. Mencakup pembahasan mengenai: konsep-konsep dasar manajemen keuangan, peranan dan tugas-tugas khusus yang diperankan oleh manajer keuangan, teknik dan metode kerja serta pengukuran-pengukuran hasil kerja dari mana keuangan, perumusan dari problema-problema keuangan dan penganalisisan fungsi-fungsi manajemen keuangan dalam proses pengambilan keputusan-keputusan.
ADBI4339, Akuntansi Menengah, 3 SKS. Mencakup topik-topik aktiva tetap berwujud, depresiasi dan deplesi. Penilaian kembali aktiva tetap tidak berwujud, utang jangka panjang, modal saham, modal saham lanjutan, laba yang ditahan. Perubahan metode akuntansi dan koreksi kesalahan.

ADBI4410, Psikologi Industri, 3 SKS. Membahas tentang konsep-konsep dasar dan proses-proses psikologi dalam bidang industri dan organisasi sehingga mahasiswa dapat memahami perilaku manusia sebagai tenaga kerja atau sebagai anggota organisasi. Pembahasan mencakup: pengertian dan wawasan psikologi industri dan organisasi; seleksi dan penempatan, serta macam-macam teknik dan alat ukur yang digunakan dalam seleksi; prinsip-prinsip pembelajaran serta penyusunan program pelatihan dan pengembangan; psikologi kerekayasaan; kepemimpinan dan pola hubungan antara tenaga kerja metode penimbangan karya; motivasi dan imbalan kerja dalam kaitannya dengan kepuasan kerja; stres, sumber dan reaksi terhadap stres, serta cara penanggulangannya; serta psikologi konsumen.

ADBI4430, Akuntansi Lanjut, 3 SKS. Mencakup topik-topik tinjauan akuntansi secara lengkap yang meliputi aktiva-aktiva dan ekuitas laporan keuangan dan penentuan pendapatan.

ADBI4431, Dasar-Dasar Asuransi, 2 SKS. Mata kuliah ini menguraikan tentang konsep dan jenis risiko; hazard, peril, dan loss, cara-cara pengurusan risiko; jenis asuransi dalam dunia usaha.

ADBI4432, Bisnis Internasional, 3 SKS. Pada pokoknya membahas tentang teori-teori perdagangan internasional; peranan pedagang internasional bagi perekonomian dalam negeri; seluk beluk dan teknik perdagangan internasional; kebijaksanaan perdagangan internasional serta bentuk-bentuk lembaga kerjasama di bidang perdagangan internasional.

ADBI4433, Kebijakan dan Strategi Pemasaran, 3 SKS. Mencakup: pengertian dasar mengenai manajemen pemasaran, arti segmentasi pasar; strategi marketing mix; riset pemasaran; organisasi pemasaran; audit pemasaran; perkembangan manajemen pemasaran dalam masyarakat; dan konsep perilaku konsumen.

ADBI4435, Akuntansi Biaya, 3 SKS. Mencakup topik-topik: akuntansi biaya dan pengertian biaya; akumulasi biaya dan perhitungan harga pokok; biaya produksi; analisis laba kotor dan biaya perhitungan pembebanan biaya langsung dan contribution margin; analisis break even, cost profit volume, dan differential cost. Prasyarat: ADBI4333.

ADBI4438, Manajemen SDM, 3 SKS. Membahas tentang konsep-konsep dasar dalam manajemen kepegawaian sehingga mahasiswa dapat memahami proses-proses yang terjadi dalam mengelola pegawai. Pembahasan mencakup: pengertian manajemen kepegawaian serta analisis jabatan; perencanaan kebutuhan pegawai dan perekrutannya; pelatihan dan pengembangan pegawai dalam kaitannya dengan perencanaan karir dan penilaian prestasi kerja; motivasi dan macam-macam kebutuhan pegawai dalam dunia kerja; prinsip-prinsip penilaian prestasi kerja; kepemimpinan dalam kepegawaian; penelitian bagi pegawai pelaksana dan pengawas; sistem pengangkatan, disiplin, kompensasi dan konflik pegawai; serta pengertian promosi, mutasi, komunikasi dan lingkungan kerja.

ADBI4530, Riset Operasi, 3 SKS. Memberikan pengertian dan kemampuan untuk mengaplikasikan metode dan model-model yang ada di dalam riset operasi, terutama aplikasinya pada dunia niaga dan manajemen. Topik-topik yang disajikan adalah manajemen sains, riset operasi dalam perusahaan, teori probabilitas, PERT, optimisasi, programasi linear, pengendalian persediaan, teori permainan, antrian dan simulasi.

ADBI4531, Teori Pembuatan Keputusan, 3 SKS. Terdiri dari teori pembuatan keputusan dan teknik pembuatan keputusan. Bagian teori bertolak dari dasar-dasar konseptual manajemen, penjelasan tentang pembuatan keputusan yang menyangkut hubungan dan kedudukannya dalam sistem manajemen serta proposi yang sebenarnya terhadap lingkungan dan kegiatan manajemen lain. Dalam bagian teknik dibahas secara analisis kuantitatif.

ADBI4532, Analisis Laporan Keuangan, 3 SKS. Mempelajari masalah pemahaman dan keterampilan menginterpretasikan dan menganalisis laporan keuangan suatu perusahaan untuk mengetahui kondisi keuangan suatu perusahaan dalam rangka manajemen

0 Comments:

Post a Comment

<< Home