Friday, April 29, 2005

Fakultas Komunikasi

Mata Kuliah Komunikasi

SKOM4101, Pengantar Komunikasi, 3 SKS. Membahas tentang konsep-konsep dasar sebagai ilmu maupun sebagai tindakan dan kegiatan manusia seperti perkembangan, pengertian proses, unsur-unsur serta pembidangan ruang lingkupnya.

SKOM4103, Pengantar Humas, 3 SKS. Membahas mengenai pengertian, konsep-konsep dasar, fungsi, ruang lingkup, perencanaan dan aspek kegiatan humas dalam upaya menciptakan citra positif dan hubungan baik suatu organisasi dengan publik sasaran baik eksternal ataupun internal.

SKOM4204, Teori Komunikasi, 3 SKS. Membahas pengertian pemahaman maupun pengertian teori komunikasi pada mahasiswa sehingga mahasiswa mampu menggunakan teori sebagai dasar berpijak dalam melakukan pembahasan, analisis, maupun pemecahan-pemecahan masalah-masalah komunikasi.

SKOM4205, Sosiologi Komunikasi Massa, 3 SKS. Membahas tentang aktivitas komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat dengan menerapkan sejumlah konsep-konsep sosiologi terpenting.

SKOM4206, Perencanaan Program Komunikasi, 3 SKS. Membahas tentang program komunikasi yang dapat dilaksanakan untuk menunjang program pembangunan. Serta merencanakan, mengorganisasikan, dan mengevaluasi keberhasilan suatu program komunikasi pembangunan.

SKOM4207, Sistem Komunikasi Indonesia, 3 SKS. Membahas, membandingkan, serta menganalisis sistem komunikasi di Indonesia dan tata informasi dunia baru.

IKOM 4540/SKOM4211, Pemasaran Sosial, 3 SKS. Membahas tentang pemahaman konsep pemasaran sosial, analisis lingkup sosial program, serta proses pengolahannya yang memerlukan keterampilan praktik, serta memberi pedoman, teknik dan sarana keterampilan kampanye sosial sebagai ilmu terapan untuk mengatasi problema-problema sosial yang dihadapi dalam pembangunan.

SKOM4212, Retorika, 3 SKS. Membahas tentang teknik dan cara tampil di depan umum sehingga dapat tampil sebagai seorang komunikator yang baik.

SKOM4313, Komunikasi Antar Pribadi, 3 SKS. Membahas tentang konsep komunikasi antarpribadi, peranan dan kedudukannya yang penting dalam kehidupan sehari-hari serta menjelaskan tentang cognitive style pada komunikasi antarpribadi.

SKOM4314, Perencanaan Pesan dan Media, 3 SKS. Membahas secara teoritis maupun praktis mengenai proses penetapan suatu pesan dalam kaitannya dengan usaha yang mendukung suatu program komunikasi pemasaran barang atau jasa.

SKOM4315, Komunikasi Massa, 3 SKS. Membahas pengertian, proses, model, fungsi, dan teori komunikasi massa dan penggunaan media massa tertentu sesuai dengan karakteristiknya serta penerapan teori-teori komunikasi massa.

SKOM4316, Komunikasi Inovasi, 3 SKS. Membahas tentang pengertian, saluran, proses komunikasi inovasi, konsekuensi inovasi, dan penelitian difusi inovasi.

SKOM4317, Psikologi Komunikasi, 3 SKS. Membahas tentang aspek-aspek psikologi yang berperan dalam proses komunikasi sesuai dengan konsep-konsep psikologi yang sudah dikenal dan dapat diterapkan dalam kegiatan komunikasi.

SKOM4318, Komunikasi Antar-Budaya, 3 SKS. Membahas tentang hubungan antara komunikasi dan kebudayaan beserta kendala-kendala dan strategi komunikasi antar budaya.

SKOM4319, Komunikasi Politik, 3 SKS. Membahas tentang peran komunikasi dalam kehidupan politik dan dampak komunikasi massa terhadap perilaku politik.

SKOM4321, Opini Publik, 3 SKS. Menganalisis opini publik jika dihadapkan pada keadaan atau peristiwa atau untuk kepentingan perusahaan/kelembagaan.

SKOM4322, Perkembangan Teknologi Komunikasi, 3 SKS. Membahas mengenai garis besar perkembangan teknologi komunikasi, bentuk-bentuk teknologi komunikasi yang ada dan karakteristiknya masing-masing, manfaat serta impasinya.

SKOM4323, Filsafat dan Etika Komunikasi, 3 SKS. Membahas dan menganalisis posisi penting filsafat dan etika dalam mendalami studi ilmu komunikasi.

SKOM4324, Manajemen Media Massa, 3 SKS. Membahas mengenai pengolahan penerbitan media massa dengan penekanan pada manajemen pemasaran media cetak, audio, dan audio visual. Topik bahasan meliputi konsep manajemen dan pemasaran yang diterapkan untuk media massa.

SKOM4326, Komunikasi Persuasif, 3 SKS. Membahas dan menganalisis penerapan teknik persuasi dalam pelaksanaan komunikasi.

SKOM4327, Manajemen Humas, 3 SKS. Memberikan pengetahuan dan pemahaman lebih lanjut mengenai konsep-konsep manajemen humas yang mencakup proses manajemen, strategi dan cara untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat sesuai dengan tujuan humas.

SKOM4328, Komunikasi Pemasaran, 3 SKS. Membahas Ilmu Komunikasi terapan tentang bagaimana produk, harga, tempat, dan promosi dapat menunjang keberhasilan program pemasaran.

SKOM4329, Komunikasi Organisasi, 3 SKS. Menganalisis konsep dasar komunikasi organisasi/kelembagaan, serta jaringan komunikasi yang ada dalam suatu organisasi.

SKOM4330, Teknik Mencari dan Menulis Berita, 3 SKS. Membahas apa yang dimaksud dengan berita yang memiliki sense of news, mengetahui bagaimana cara memperolehnya serta mampu menuliskan berita untuk dapat dimuat dalam media massa.

SKOM4432, Komunikasi Bisnis, 3 SKS. Membahas konsep-konsep dasar komunikasi bisnis, dan rancangan penerapannya, sehingga peran dan fungsi komunikasi dapat diimplementasikan dalam upaya-upaya pencapaian tujuan bisnis.

SKOM4434, Perbandingan Sistem Komunikasi, 3 SKS. Membahas, menganalisis, dan membandingkan berbagai sistem komunikasi yang ada dan dipergunakan di berbagai negara.

SKOM4435, Komunikasi Internasional, 3 SKS. Membahas tentang teori-teori problematika pesan serta lingkup komunikasi internasional khususnya peran media massa internasional dalam rangka menciptakan saling pengertian antar bangsa.

SKOM4436, Metode Penelitian Komunikasi II, 3 SKS. Membahas pengetahuan lanjutan tentang metode penelitian komunikasi untuk mengembangkan kemampuan penelitian di bidang komunikasi bagi mahasiswa sehingga dapat digunakan sebagai dasar dalam kegiatan di bidang komunikasi.

SKOM4437, Analisis Sistem Informasi, 3 SKS. Membahas dan menganalisis sistem informasi dalam manajemen.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home