Friday, April 29, 2005

Fakultas Sosiologi

Mata Kuliah Sosiologi

SOSI4101, Bahasa Inggris Niaga, 2 SKS. Mata kuliah ini berisi jargon-jargon ekonomi mulai dari jargon yang berabjad awal A sampai dengan yang berabjad awal Z.

SOSI4201, Teori Sosiologi Klasik, 4 SKS. Mata kuliah ini memberikan gambaran mengenai konteks kelahiran Sosiologi. Diawali dengan terbentuknya pemikiran sosial sebelum perkembangan sosiologi sebagai suatu ilmu dilanjutkan dengan perubahan sosial yang memunculkan mentalitas ilmiah. Dijabarkan pula akar sejarah yang memberi pengaruh pada perkembangan sosiologi (pemikiran politik ekonomi laissez-faire, pemikiran positivisme, pemikiran historisme, serta pemikiran pragmatisme). Akhirnya dengan mempelajari Mata kuliah Teori Sosiologi Klasik ini, Anda dapat mendalami teori-teori dari beberapa tokoh sosiologi klasik, yaitu Adam Smith, George Simmel, Max Weber, Karl Manheim, Alfred Schutz, Pitirim Sorokin, Auguste Comte, Karl Marx, serta Emile Durheim.

SOSI4205, Sosiologi Ekonomi, 3 SKS. Modul akan sangat berguna bagi mahasiswa yang ingin memiliki kemampuan dalam bidang: 1) menganalisis proses ekonomi dengan menggunakan kerangka berpikir sosiologi, 2) menerapkan variabel-variabel sosiologi dalam menganalisis proses pembangunan, 3) menetapkan metodologi sosiologi dalam menganalisis proses pembangunan.

SOSI4206, Teori Sosiologi Modern, 4 SKS. Modul ini sangat berguna bagi mahasiswa yang ingin mempelajari teori-teori sosiologi modern dan perkembangannya hingga masa kini, serta aplikasinya dalam kehidupan.

SOSI4302, Teori Kriminologi, 3 SKS. Modul ini menyajikan informasi yang menarik, khususnya bagi mahasiswa yang ingin mendalami masalah ruang lingkup studi kriminologi, sejarah perkembangan dan pemikiran dalam kriminologi, serta dapat menganalisis sebab-sebab terjadinya kejahatan sebagai masalah sosial.

SOSI4303, Sosiologi Pedesaan, 3 SKS. Setelah memahami materi dalam modul ini para mahasiswa akan mampu melakukan/menggunakan gagasan/pemikiran yang lebih mengena, tajam, dan akurat dalam memecahkan kehidupan masyarakat desa (pembangunan masyarakat pedesaan).

SOSI4304, Teori dan Metode Intervensi Sosial, 3 SKS. Setelah memahami materi dalam modul ini para mahasiswa melakukan/menggunakan metode intervensi sosial.

SOSI4305, Teori Perubahan Sosial, 3 SKS. Mata kuliah ini sangat penting bagi mahasiswa yang ingin mendalami tugas-tugas yang diinstruksikan dalam modul ini, maupun mereka yang berminat/pemerhati masalah perubahan sosial, berkemampuan dalam mengevaluasi perubahan yang terjadi dalam masyarakat baik pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

SOSI4306, Metode Penelitian Kualitatif, 3 SKS. Modul ini berisi materi tentang berbagai teknik pengumpulan data, analisis data, pengolahan data, dan teknik-teknik penelitian kualitatif lainnya.

SOSI4307, Masalah-masalah Sosial, 3 SKS. Mata kuliah ini membahas secara umum teori sosial yang relevan, menganalisis masalah sosial disertai dengan beberapa aplikasinya. Materi pembahasannya mencakup: mengenal masalah sosial, pendekatan utama dan isu pokok masalah sosial, perspektif teori masalah sosial, kemiskinan, korupsi dan penyelundupan, masalah usia lanjut (lansia), gejolak masalah remaja dan masalah urbanisasi.

SOSI4308, Sosiologi Perkotaan, 3 SKS. Materi modul ini sangat berguna bagi mahasiswa yang ingin mempunyai kemampuan dalam bidang analisis secara komprehensif fenomena sosial kota dari sudut pandang sosiologi.

SOSI4310, Sosiologi Organisasi, 3 SKS. Modul ini menyajikan informasi yang menarik, khususnya bagi mahasiswa yang ingin mendalami fenomena organisasi dari sudut pandang sosiologi, terutama berkaitan dengan konsep dasar, perkembangan perspektif sosiologi organisasi, struktur, proses dan dimensi lingkungan organisasi.

SOSI4311, Metode Penelitian Kuantitatif, 3 SKS. Modul ini memberi gambaran pendekatan kuantitatif dalam penelitian sosial sebagai suatu pendekatan yang komplementer (saling mendukung) dengan pendekatan kualitatif, terutama dalam hal menganalisis data yang menggunakan statistik.

SOSI4312, Penelitian Pemasaran, 3 SKS. Materi modul ini sangat relevan untuk mahasiswa yang ingin mendalami masalah prosedur-prosedur dalam penelitian pemasaran dan menerapkan pengetahuan-pengetahuan sosiologi dalam membantu pemecahan analisis penelitian pemasaran.

SOSI4314, Sosiologi Industri, 3 SKS. Modul ini akan sangat berguna bagi mahasiswa dalam mengevaluasi mengapa buruh mengadakan pemogokan, serta mengidentifikasi cara-cara untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya pemogokan, dan mengevaluasi cara-cara untuk mengatasi pemogokan dengan baik.

SOSI4401, Sosiologi Alih Teknologi, 3 SKS. Modul ini sangat relevan untuk mahasiswa yang ingin mendalami kecakapan dalam menganalisis proses alih teknologi, dari sudut pandang sosiologi.

SOSI4403, Sosiologi Produksi, 3 SKS. Modul ini menyajikan informasi yang menarik, khususnya bagi mahasiswa yang ingin mendalami pengetahuan dan kemampuan mengaplikasikan sosiologi untuk mengantisipasi permasalahan-permasalahan sosial di dalam ataupun yang terkait dengan proses produksi.

SOSI4404, Sosiologi Distribusi, 3 SKS. Materi modul ini sangat relevan untuk mahasiswa yang ingin mendalami masalah sistem distribusi, struktur sistem distribusi dan dinamika sistem distribusi dalam masyarakat ditinjau dari perspektif sosiologi.

SOSI4402, Sosiologi Komunikasi, 3 SKS. Sosiologi Komunikasi membahas komunikasi dalam sudut pandang Sosiologi. Materi yang dibahas dalam mata kuliah ini mencakup teori-teori sosiologi dan komunikasi sosial, pengertian komunikasi massa, sosiologi khalayak, dan efek dari komunikasi massa. Selain itu dalam mata kuliah ini dibahas pula mengenai komunikasi antarbudaya, serta hubungan antara komunikasi dengan perubahan sosial dan pembangunan.

SOSI4405, Sosiologi Konsumsi, 3 SKS. Modul ini menyajikan informasi yang menarik, khususnya bagi mahasiswa yang ingin mendalami pengetahuan dan kemampuan mengaplikasikan teori sosiologi untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mengantisipasi permasalahan kegiatan konsumsi dalam masyarakat.

SOSI4407, Sosiologi Korupsi, 3 SKS. Modul ini menyajikan informasi yang menarik, khususnya bagi mahasiswa yang ingin mendalami mengenai makna, ruang lingkup, fungsi dan faktor sosial yang berkaitan dengan fenomena korupsi dari sudut pandang sosiologi.

SOSI4408, Sosiologi Politik, 3 SKS. Modul ini sangat penting bagi mahasiswa yang ingin mendalami tentang realitas politik di masyarakat, khususnya bagaimana faktor-faktor sosial budaya masyarakat mempengaruhi realitas politik tersebut.

SOSI4409, Analisis Jabatan, 3 SKS. Modul ini berisikan materi tentang dasar-dasar dan konsep-konsep analisis jabatan yang dapat digunakan untuk melakukan pengumpulan, pengolahan, dan perumusan data jabatan yang dapat dijadikan dasar dalam menentukan jabatan seseorang sesuai dengan syarat jabatan dan tujuan organisasi.

SOSI4410, Sosiologi Kesehatan, 3 SKS. Modul ini penting bagi mahasiswa yang ingin mendalami masalah penafsiran sosial terhadap kesehatan serta dapat menganalisis faktor-faktor sosiologis yang mempengaruhi kesehatan.

SOSI4412, Sosiologi Perilaku Penyimpang, 3 SKS. Materi modul ini sangat relevan untuk mahasiswa yang ingin mendalami masalah pemahaman pendekatan sosiologis terhadap perilaku menyimpang dan analisis perilaku menyimpang sebagai permasalahan sosial.

SOSI4414, Statistik Sosial I, 3 SKS. Modul ini akan sangat berguna bagi mahasiswa yang ingin memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menggunakan teknik yang tepat untuk menganalisis data bivariat (dua variabel) serta penarikan kesimpulan.

SOSI4416, Sosiologi Hukum, 3 SKS. Modul ini sangat relevan untuk mahasiswa yang ingin mendalami mengenai konsep dasar, sasaran dan ruang lingkup sosiologi hukum serta hubungan resiprokal antara hukum dengan perubahan sosial dan struktur sosial.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home