Friday, April 29, 2005

Mata Kuliah Dasar Umum

Program Reguler:

  • Fakultas Ekonomi (FEKON) Kuliah Ekonomi
  • Fakultas Ekonomi (FEKON) Kuliah Manajemen
  • Kuliah Administrasi Niaga
  • Kuliah Komunikasi
  • Kuliah Sosiologi

Mata Kuliah Dasar Umum

MKDU4101, Ilmu Budaya Dasar, 2 SKS. Merupakan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah budaya. Hal ini sebagai modal untuk mengembangkan kepribadian dan wawasan pemikiran; khususnya berkenaan dengan kebudayaan, agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mengenai lingkungan budaya mahasiswa menjadi lebih luas.

MKDU4102, Ilmu Alamiah Dasar, 2 SKS. Merupakan pemahaman tentang: 1) Perkembangan penalaran manusia sampai terwujudnya metode ilmiah; 2) Pengenalan tentang teori-teori terbentuknya jagat raya dan teori tentang awal kehidupan di bumi; 3) Pemahaman tentang prinsip ekologi serta peran manusia didalamnya, perkembangan pengetahuan bidang IPA dan peranannya pada perkembangan teknologi serta dampak teknologi bagi kehidupan manusia; 4) Pemahaman akan tanggung jawab manusia kelestarian hidupnya.

MKDU4103, Ilmu Sosial Dasar, 2 SKS. Matakuliah ini membahas tentang pengaplikasian/penerapan konsep-konsep dasar ilmu sosial dalam rangka pemecahan masalah sosial.

MKDU4104, Pendidikan Pancasila, 2 SKS. Merupakan pemahaman Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar negara, sistem ketatanegaraan Republik Indonesia dan kajian perbandingan ideologi-ideologi negara dalam usaha mewujudkan cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia serta menghayati nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa.

MKDU4105, Pendidikan Kewarganegaraan (Kewiraan), 2 SKS. Mencakup pemahaman masalah-masalah Hankamnas secara komprehensif integral yang meliputi: Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Politik dan Strategi Hankamnas serta Sistem Hankam Rakyat Semesta (Sishankamrata).

MKDU4106, Bahasa Indonesia, 2 SKS. Matakuliah ini memberikan pengetahuan dasar menulis yang meliputi: ejaan dan tanda baca, penalaran dalam karangan, pilihan kata dan definisi, kalimat efektif pengembangan paragraf, serta perencanaan karangan.

MKDU4107, Bahasa Inggris I, 3 SKS. Bertujuan untuk memberikan keterampilan dasar membaca bahasa Inggris kepada para mahasiswa.

MKDU4201, Pendidikan Agama Islam, 2 SKS. Matakuliah ini memberikan pengetahuan pemahaman dan penghayatan tentang: aspek yang berhubungan dengan keadaan mahluk, pelaksanaan ajaran Islam, peningkatan keimanan terhadap khaliq, kerasulan dan melaksanakan syariat Islam.

MKDU4202, Pendidikan Agama Kristen Protestan, 2 SKS. Matakuliah ini merupakan suatu usaha untuk memahami dan menghayati akan keberadaan diri umat beriman, sebagai orang yang percaya kepada Allah. Dengan kesadaran ini umat Kristen Protestan beriman mampu menyatakan iman dalam kehidupan sehari-hari dalam hubungan dengan Allah, sesama manusia alam semesta dan bangsa/negara. Hal ini tampak dalam pikiran, perkataan dan perbuatannya.

MKDU4203, Pendidikan Agama Kristen Katolik, 2 SKS. Matakuliah ini merupakan pengetahuan tentang manusia yang beriman kepada Allah melalui Kristus di dalam gereja. Pengetahuan ini adalah awal perkembangan sikap hidup pribadi seseorang.

MKDU4204, Pendidikan Agama Hindu, 2 SKS. Matakuliah ini merupakan penghayatan keagamaan yang mantap kepada Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa, sehinga mampu mengendalikan diri dalam berpikir, berbicara, berbuat dalam mengabdikan pada nusa, bangsa dan negara dalam melestarikan Pancasila dan UUD 1945.

MKDU4205, Pendidikan Agama Budha, 2 SKS. Matakuliah ini memberi pemahaman tentang agama Budha dan pengalamannya dalam masyarakat, beragama berdasarkan Pancasila yang meliputi: Pancasila dan agama Budha, sejarah kehidupan sang Budha, Hukum Kesunyatan dan Tiga Corak Universal, karma dan kelahiran kembali, etika dan filsafat sosial agama Budha serta sejarah perkembangan agama Budha.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home